EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI TEGALREJO 1 YOGYAKARTA

Jannah, Siti Mar’ati Roikha (2017) EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI TEGALREJO 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Siti Mar'ati Roikha Jannah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian pelaksanaan penilaian autentik dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi Stake. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I-V yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta memperoleh tingkat ketercapaian 2,744 dari skala 4 atau deskriptif persentase sebesar 68,6% dengan kategori kurang baik. Komponen evaluasi yang belum memenuhi standar adalah perencanaan penilaian autentik pada kompetensi sikap dan pengetahuan. Indikator yang belum terlaksana dengan baik meliputi rancangan penilaian, rumusan indikator pencapaian, teknik dan instrumen penilaian, serta prosedur pengolahan hasil penilaian. Beberapa ketidaksesuaian tersebut di antaranya masih ada guru yang tidak membuat rancangan penilaian sikap pada silabus, tidak membuat rancangan penilaian di RPP atau rancangan penilaian yang dibuat tidak lengkap, tidak merumuskan indikator pencapaian kompetensi sikap, guru yang telah merumuskan indikator belum menggunakan kata kerja operasional, tidak menentukan pedoman penskoran, rubrik penilaian tidak dibuat, dan tidak memuat predikat dalam menentukan kriteria penilaian. Kata kunci: evaluasi, penilaian autentik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:24
Last Modified: 30 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52736

Actions (login required)

View Item View Item