PENGARUH PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI LAMBANG BILANGAN ROMAWI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JAMBUKULON KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN

Pratiwi, Sischa Putri (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI LAMBANG BILANGAN ROMAWI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JAMBUKULON KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Sischa Putri Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengarh suatu variable terhadap variable lain. Tujuan penelitian ini untuk mnegetaui pengaruh model pembelajaran CTL (contextual teaching learning) terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1 Jambukulon. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design Type Team Series Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Jambukulon yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Kelas tersebut sebelum diberikan perlakuan siswa mendapatkan pre test dan pengajaran degan guru seperti biasa yang menggunakan model pembelajaran konfensional lalu siswa mendapat treatment dari peneliti yang disertai post test. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif, yang didukung dengan uji-t (t-test one sampel). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1 jambukulon. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil perhitungan skor rata-rata post test yang lebih tinggi yakni 81 sedangkan untuk pre-test yakni 6,9. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai t hitung 2,230 lebih besar dari t tabel sebesar 1,72 (2,230>1,72) dan taraf signifikansi sebesar 0,039 lebih kecil dari nilai signifikansi sebesar 0,05 pada taraf 5% (0,039<0,05). Berdasarkan hasil uji-t tersebut, dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) terhadap prestasi siswa di kelas IV SD Negeri 1 Jambukulon. Kata kunci: CTL (Contextual Teaching Learning), prestasi belajar, lambang bilangan romawi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52732

Actions (login required)

View Item View Item