Khoiriyyah, Reni Nur (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA MELALUI PENERAPAN SIKLUS BELAJAR 5E PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, PGSD.
Text
Reni Nur Khoiriyyah.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA melalui siklus belajar 5E pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sedayu Bantul. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sedayu dengan jumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek penelitian ini yaitu keterampilan proses IPA. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan & pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses IPA siswa yaitu keterampilan menginferensi dan memprediksi mengalami peningkatan. Pada siklus I, persentase rata-rata keterampilan menginferensi sebesar 85,94% dan keterampilan memprediksi sebesar 81,78%. Pada siklus II, persentase rata-rata keterampilan menginferensi meningkat menjadi88,71% dan keterampilan memprediksi sebesar 85,48%. Hasil tersebut telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian serta validasi proses. Peningkatan tersebut karena guru telah menerapkan setiap tahap pada siklus belajar 5E sesuai dengan pedoman pembelajaran. Kata kunci: Keterampilan Proses IPA, Siklus Belajar5E
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 03:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52727 |
Actions (login required)
View Item |