PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TEMA PENDIDIKAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Nurrahmi, Rafika (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TEMA PENDIDIKAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rafika Nurrahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta tema pendidikan yang layak untuk siswa kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang didasarkan pada pengembangan R & D dari Thiagarajan, Semmel & Semmel yang disebut dengan model Four-D. Namun, desain pengembangan modul ini hanya meliputi tiga langkah yang terdiri dari define, design, dan develop. Hasil penilaian ahli bahwa modul tersebut telah layak diujicobakan dengan dibuktikan dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 3,60 dengan kategori baik. Hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 4,18 dengan kategori baik. Hasil angket respon guru mendapat skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba perorangan mendapat skor rata-rata 4,39 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat skor rata-rata 4,57 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan mendapat skor rata-rata 4,56 dengan kategori sangat baik. Kata kunci: modul, kearifan lokal DIY, siswa kelas 3 SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2017 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52725

Actions (login required)

View Item View Item