PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE KATA LEMBAGA DAN MEDIA BIG BOOK BERGAMBAR KELAS I SD N MINOMARTANI 1 SLEMAN

Utami, Nurul (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE KATA LEMBAGA DAN MEDIA BIG BOOK BERGAMBAR KELAS I SD N MINOMARTANI 1 SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nurul Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode kata lembaga dan media big book bergambar siswa kelas I SD N Minomartani 1. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis and Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD N Minomartani 1 berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Penelitian menunjukkan penggunaan metode kata lembaga dan media big book bergambar dapat meningkatkan proses pembelajaran. Peningkatan proses menunjukkan siswa sudah terlihat lebih antusias, percaya diri dan berani untuk membaca di depan kelas. Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siklus I sebesar 4,93 yang kondisi awal 69,55 meningkat menjadi 74,48 dan pada siklus II meningkat sebesar 8,80 yang kondisi awal 69,55 meningkat menjadi 78,35. Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, metode kata lembaga, media big book bergambar, SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2017 03:07
Last Modified: 30 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52722

Actions (login required)

View Item View Item