PENERAPAN PEMBELAJARAN DI KELAS V SD INKLUSIF NEGERI BANGUNREJO 2 KRICAK KOTA YOGYAKARTA

Suryaningtyas, Limas Assifa (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN DI KELAS V SD INKLUSIF NEGERI BANGUNREJO 2 KRICAK KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
LIMAS ASSIFA SURYANINGTYAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran di kelas V SD Inklusif Negeri Bangunrejo 2 Kricak Kota Yogyakarta yang meliputi tahapan perencanaan, pengorganisasian kegiatan rutin, pengelolaan dan pengawasan, serta evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian meliputi guru kelas V, karyawan, dan kepala sekolah. Sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran di kelas V SD Inklusif Negeri Bangunrejo 2. Metode pengumpulan sumber data yang digunakan yaitu pemilihan sumber melalui purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif pasif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa panduan observasi, panduan wawancara, lembar catatan lapangan, dan panduan studi dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data dan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data penelitian ini merujuk pada analisis data menurut Miles dan Huberman yakni proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) dalam tahapan perencanaan dilakukan setelah rapat awal tahun sekolah kemudian dituangkan dalam dokumen berupa program semester, pemetaan, silabus, dan rencana pembelajaran yang didasarkan pada visi misi sekolah, 2) pengorganisasian kegiatan rutin dan kegiatan penyimpanan, pendistribusian, dan pengumpulan bahan dan sumber belajar selama satu hari berikut dengan pelaku, waktu, dan alasan dituliskan dalam rencana pembelajaran, juga dituliskan kegiatan saat siswa belum lengkap hadir, 3) pengelolaan dan pengawasan dilakukan oleh siswa, guru, kepala sekolah, karyawan, dan elemen pendukung lainnya dengan melakukan pembinaan hubungan pribadi melalui berdiskusi, motivasi, dan menerapkan prinsip kasih sayang, dan 4) evaluasi dilakukan dengan menggunakan penilaian jenis PAP, observasi, tes tertulis dan lisan, serta penilaian keterampilan dan perayaan keberhasilan. Kata Kunci: penerapan pembelajaran, kelas inklusif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2017 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52717

Actions (login required)

View Item View Item