STUDI EKSPLORASI KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GRANTING

Sya’bani, Laila (2017) STUDI EKSPLORASI KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GRANTING. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
LAILA SYA'BANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswa kelas III SD N 1 Granting. Aspek yang diteliti meliputi ketepatan penggunaan ucapan, kesalahan penggantian, ketepatan penggunaan frase, kewajaran penggunaan intonasi suara, kesalahan penghilangan, penguasaan tanda-tanda baca sederhana, penggunaan ekspresi, kesalahan penambahan, kelancaran membaca, pemahaman terhadap bacaan, dan kesalahan pembalikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode evaluasi kualitatif. Penelitian dilakukan di SD N 1 Granting dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas III. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive, yaitu penentuan subjek penelitian dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang digunakan antara lain subjek mengerti dan memahami objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus IRI (Informal Reading Inventory). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas III SD N 1 Granting tergolong ke dalam tiga kategori, 3 siswa pada kategori independen, 13 siswa pada kategori instruksional, dan 4 siswa pada kategori frustasi. Kesalahan yang dilakukan siswa pada tingkat independen berjumlah 14 kata yaitu berupa kesalahan penggantian sebanyak 4 kata, kesalahan penghilangan sebanyak 6 kata, dan kesalahan penambahan sebanyak 4 kata. Kesalahan yang dilakukan siswa pada tingkat instruksional berjumlah 192 kata yaitu berupa kesalahan penggantian sebanyak 83 kata, kesalahan penghilangan sebanyak 75 kata, kesalahan penambahan sebanyak 33 kata, dan kesalahan pembalikan sebanyak 1 kata. Kesalahan yang dilakukan siswa pada tingkat frustasi berjumlah 202 kata yaitu berupa kesalahan pengantian sebanyak 111 kata, kesalahan penghilangan sebanyak 79 kata, kesalahan penambahan sebanyak 10 kata, dan kesalahan pembalikan sebanyak 2 kata. Kata kunci: kemampuan membaca, siswa kelas III

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2017 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52715

Actions (login required)

View Item View Item