PENANGANAN SISWA UNDERACHIEVER DI SD NEGERI BANGUNREJO 2 (Studi Kasus Tentang Penanganan siswa Underachiever di SD Negeri Bangunrejo 2)

Safitri, Inayatul (2017) PENANGANAN SISWA UNDERACHIEVER DI SD NEGERI BANGUNREJO 2 (Studi Kasus Tentang Penanganan siswa Underachiever di SD Negeri Bangunrejo 2). S1 thesis, PGSD.

[img] Text
INAYATUL SAFITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanganan pada siswa underachiever oleh guru kelas di SD Negeri Bangunrejo 2. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik usaha-usaha yang dilakukan oleh guru kelas dalam menangani siswa underachiever. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode studi kasus. Model pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interactive analysis dari Miles & Huberman’s (2014) yang terdiri dari: 1) data condensation, 2) data display, and 3) conclusion drawing/ verification. Untuk menguji keberhasilan data yang didapat sehingga benar-benar sesuai dengan tujuan dan maksud penelitian, maka peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Penanganan siswa underachiever yang telah diberikan oleh guru diantaranya adalah: 1) Meciptakan lingkungan belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa underachiever; 2) Respon terhadap kebutuhan siswa underachiever dilihat dari guru menyeimbangkan kegiatan pembelajar baik yang bersifat terstruktur maupun tidak terstruktur, serta guru memiliki data-data mengenai potensi-potensi yang menonjol pada siswa underachiever; 3) Menyeimbangkan antara kegiatan bersama dan kegiatan yang bersifat individual serta memberikan kegiatan remedial untuk siswa underachiever; 4) Bekerjasama dengan orang tua siswa underachiever dengan saling bertukar informasi mengenai siswa underachiever dan mengatasi serta memberikan solusi ketika siswa underachiever mengalami gangguan emosi di sekolah; 5) Terbuka kepada setiap siswa underachiever dengan memberikan motivasi baik secara langsung dan tidak langsung dalam upaya melakukan keterbukaan mengenai kondisi dan keadaan AS. Kata kunci: penelitian kualitatif, penanganan siswa underachiever

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2017 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52714

Actions (login required)

View Item View Item