HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA DAN KAKI, KELINCAHAN, DAN BALL FEELING DENGAN KETERAMPILAN DRIBBLING PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 2 SEWON

Tri Setyannowo, Wahyu (2017) HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA DAN KAKI, KELINCAHAN, DAN BALL FEELING DENGAN KETERAMPILAN DRIBBLING PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan dribbling siswa SMP Negeri 2 Sewon masih kurang hal ini dikarenakan kurangnya dukungan dari faktor fisik seperti koordinasi mata-kaki dan kelincahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketepatan koordinasi mata kaki, kelincahan, dan ball feeling dengan keterampilan dribbling pada siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 2 Sewon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survey dengan instrumen tes dan pengukuran sedangkan pengumpulan data yaitu menggunakan tes koordinasi mata dan kaki, kelincahan dan ball feeling. Sampel penelitian ini adalah siswa ekstrakulikuler sepakbola di SMP Negeri 2 Sewon berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara koordinasi mata dan kaki, kelincahan dan ball feeling dengan keterampilan dribbling. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) Nilai r hitung hubungan antara koordinasi mata dan kaki dengan keterampilan dribbling diperoleh nilai sebesar 2,295. (2) Nilai r hitung hubungan antara kelincahan dengan keterampilan dribbling diperoleh nilai sebesar 3,763. (3) Nilai r hitung hubungan antara ball feeling kaki dengan keterampilan dribbling diperoleh nilai sebesar 2,470. (4) Hasil analisis korelasi berganda antara data kelincahan, koordinasi mata dan kaki, dan ball feeling dengan keterampilan dribbling diperoleh nilai F hitung sebesar 11,625 > F tabel sebesar 3.239. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa koordinasi mata dan kaki, kelincahan dan ball feeling secara tepat memberikan pengaruh pada kemampuan dribbling.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kelincahan, koordinasi mata dan kaki, ball feeling, dribbling
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52710

Actions (login required)

View Item View Item