PENGARUH MEMUKUL MODIFIKASI BOLA YANG DIGANTUNG TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS BOLAVOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER PUTRI DI SMA N 1 JETIS BANTUL TAHUN 2017

CHANDRA DEWI, AULIA (2017) PENGARUH MEMUKUL MODIFIKASI BOLA YANG DIGANTUNG TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS BOLAVOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER PUTRI DI SMA N 1 JETIS BANTUL TAHUN 2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya penguasaan teknik dikarenakan posisi badan dan ketepatan telapak tangan saat memukul bola, pada peserta ekstrakulikuler bolavoli di SMA N 1 Jetis. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui penggunaan model latihan bola yang digantung terhadap peningkatan kemampuan servis atas bolavoli siswi ekstrakurikuler di SMA N 1 Jetis. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain “One Group Pretest Postest Design”. Populasi penelitian ini adalah Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler bola voli putri SMA N 1 Jetis yaitu sebanyak 20 siswa/responden, semua dijadikan subjek penelitian sehingga disebut penelitian populasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan bola voli adalah tes servis atas bola voli. Analisis data menggunakan uji t. Hasil uji normalitas didapatkan nilai Asymp. Sig pre-test dan post-test lebih besar dari 0,05, yang berarti hipotesis diterima. Dalam uji homogenitas didapatkan hasil signifitasi hitung sebesar 1,755 lebih besar dari 0,5 yang berarti hipotesis diterima. Hasil uji -t diperoleh nilai t hitung -6,929 lebih kecil dari 0,05; maka hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modifikasi bola gantung, servis atas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52705

Actions (login required)

View Item View Item