PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MEMBELAJARKAN PROBLEM SOLVING SKILL MELALUI LATIHAN SOAL PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XII POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Santi, Wulan Ari (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MEMBELAJARKAN PROBLEM SOLVING SKILL MELALUI LATIHAN SOAL PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XII POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI wulan Ari santi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan dan menentukan kualitas multimedia interaktif untuk membelajarkan problem solving skill melalui latihan soal pada mata pelajaran kimia kelas XII pokok bahasan sifat koligatif larutan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model ADDIE. Tahap implementasi tidak dilakukan sehingga pengembangan menggunakan empat tahap, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Produk awal multimedia interaktif ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli media, ahli materi, dan peer reviewer untuk memperoleh saran dan/atau koreksi sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi I. Hasil revisi I kemudian ditinjau kembali oleh lima reviewer, yaitu guru kimia SMA untuk menilai kualitas multimedia serta memberikan saran dan/atau koreksi untuk pertimbangan dalam melakukan revisi II atau penyempurnaan produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini adalah multimedia interaktif untuk membelajarkan problem solving skill melalui latihan soal pada mata pelajaran kimia kelas XII pokok bahasan sifat koligatif larutan. Berdasarkan hasil penilaian oleh 5 reviewer guru kimia SMA diperoleh skor rata-rata 84,6 dengan persentase keidealan 84,6%, sehingga kualitas multimedia interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka multimedia interaktif untuk membelajarkan problem solving skill melalui latihan soal pada pokok bahasan sifat koligatif larutan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik kelas XII SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:46
Last Modified: 30 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52703

Actions (login required)

View Item View Item