PENGARUH POLA TANAM PADI (Oryzasativa . L) KULTIVAR INPARI SIDENUK TERHADAP KEANEKARAGAMAN JENIS HAMA DI KELOMPOK TANI MANUNGGAL PATRAN DESA MADUREJO, KECAMATAN PRAMBANAN

Lestari, Ita Ermala (2017) PENGARUH POLA TANAM PADI (Oryzasativa . L) KULTIVAR INPARI SIDENUK TERHADAP KEANEKARAGAMAN JENIS HAMA DI KELOMPOK TANI MANUNGGAL PATRAN DESA MADUREJO, KECAMATAN PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
halaman depan dg ttd.pdf

Download (968kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai pola tanam dan sistem pengairan terhadap keanekaragaman hama dan predator serta indeks keanekaragaman pada tanaman padi “Inpari Sidenuk” di Kelompok Tani Manunggal Patran Desa Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap yang bertujuan untuk mengetahui jenis hama serta indeks keanekaragaman hama dan predator pada berbagai macam pola tanam dan sistem pengairan pada tanaman padi Oryza sativa. L “Inpari Sidenuk” di Kelompok Tani Manunggal Patran Desa Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta dengan pengambilan sampel menggunakan jaring insect net dan perangkap hama feromon. Dilakukan pada bulan Mei 2016 sampai bulan Juli 2016. Pengambilan sampel sebanyak lima kali setiap lokasi tiga kali ulangan dengan tiga macam perlakuan jarak tanam yaitu Pola Tanam Terpadu (PTT), Transplanter dan Cara Petani dan dua macam perlakuan dengan perbedaan sistem pengairan yaitu: Alternative Wetting and Drying (AWD) dan PTT. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tidak ada pengaruh nyata berbagai pola tanam dan sistem pengairan terhadap indeks keanekaragaman hama maupun predator pada tanaman padi “Inpari Sidenuk”. Keanekaragaman jenis hama terdiri dari 5 famili yang terdiri dari 7 spesies hama. Famili Acridiidae (Locusta sp dan Oxya sp.), famili Coreidae (Leptocorisa acuta), famili Ciccadellidae (Neppotettix virensens), famili Pyrillidae (Cnapalocrosis medinalis dan Scirpophaga incertulas), dan famili Pentatomidae (Nezara viridula). keanekaragaman jenis predator terdiri atas 7 famili yang terdiri dari 9 spesies predator. Famili Tettigonidae (Conocepalus sp), familli Aranneidae (Aranneus inustus dan Argiope sp), famili Tetragnatidae (Tetragnata javana), famili Coccinellidae (Chilomenes sexmaculatus dan Chilicoris sp), famili Stapylinidae (Paedarus sp), dan famili Coenagrioniidae (Agriocnemis sp). Nilai indeks keanekaragaman hama dan predator termasuk pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keanekaragaman, hama, predator
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 18 Sep 2017 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 15:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52697

Actions (login required)

View Item View Item