OPTIMASI BIAYA PRODUKSI PADA HOME INDUSTRY SUSU KEDELAI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENGALI LAGRANGE DAN PEMROGRAMAN KUADRATIK

Rukmana, Ela and Sari, Eminugroho Ratna (2017) OPTIMASI BIAYA PRODUKSI PADA HOME INDUSTRY SUSU KEDELAI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENGALI LAGRANGE DAN PEMROGRAMAN KUADRATIK. S1 thesis, UNY.

[img] Text
halaman depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)

Abstract

Optimasi merupakan suatu cara untuk memperoleh hasil yang optimal dari memaksimumkan atau meminimumkan fungsi tujuan dengan memperhatikan batasan-batasan yang ada. Salah satu penerapan optimasi pada bidang industri yaitu untuk meminimumkan biaya produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah membentuk model matematika untuk pengoptimalan biaya produksi pada home industry susu kedelai Pak Ahmadi kemudian menyelesaikan model menggunakan metode pengali lagrange dan pemrograman kuadratik. Model matematika yang diperoleh berupa model nonlinear yang dibentuk menggunakan Geogebra. Dalam hal ini,model dipilih dari varian rasa original, rasa strawberry dan rasa coklat. Fungsi tujuan dari model tersebut adalah meminimumkan biaya produksi. Pengali lagrange menyelesaikan masalah nonlinear dengan membentuk fungsi lagrange kemudian mencari turunan pertama pada semua variabel hingga diperoleh titik kritis dan nilai minimum. Pemrograman kuadratik menyelesaikan masalah nonlinear dengan mengubah menjadi masalah linear menggunakan syarat Karush Kuhn Tucker kemudian diselesaikan dengan menggunakan simpleks metode wolfe. Berdasarkan perhitungan, penyelesaian menggunakan pengali lagrange sama dengan pemrograman kuadratik yaitu diperoleh solusi optimal sebesar Rp 2.352.804,13. Dalam hal ini, solusi yang diperoleh adalah biaya minimum untuk memproduksi susu kedelai dengan varian rasa original sebanyak 1300 bungkus, sedangkan jumlah produksi susu kedelai untuk varian rasa strawberry dan coklat masing-masing sebanyak 960 bungkus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Pengali Lagrange, Pemrograman Kuadratik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 15:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52695

Actions (login required)

View Item View Item