Prastiwi, Diana and Listyani, Endang (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
1. halaman awal.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (132kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKAdocx.pdf Download (25kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8. LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
9. LAMPIRAN 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
|
![]() |
Text
10. LAMPIRAN 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
![]() |
Text
11. LAMPIRAN 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
![]() |
Text
12. LAMPIRAN 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif think pair share ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP; (2) mengetahui efektivitas pendekatan saintifik dengan setting diskusi efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP; (3) mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif think pair share jika dibandingkan dengan pendekatan saintifik dengan setting diskusi ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kretek sebanyak 4 kelas dengan total 110 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII B yang mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif think pair share sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D yang mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan setting diskusi sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pretest-posttest untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan instrumen non-tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Statistik uji yang digunakan adalah one sample t-test dan independent t-test (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif think pair share efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP, (2) Pendekatan saintifik dengan setting diskusi efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP, (3) Pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif think pair share lebih efektif dibandingkan pendekatan saintifik dengan setting diskusi ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan kontekstual, pembelajaran kooperatif tipe think pair share, pemahaman konsep |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 02:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |