EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Prastiwi, Diana and Listyani, Endang (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
1. halaman awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKAdocx.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text
8. LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
9. LAMPIRAN 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
11. LAMPIRAN 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif think pair share ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP; (2) mengetahui efektivitas pendekatan saintifik dengan setting diskusi efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP; (3) mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif think pair share jika dibandingkan dengan pendekatan saintifik dengan setting diskusi ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kretek sebanyak 4 kelas dengan total 110 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII B yang mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif think pair share sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D yang mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan setting diskusi sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pretest-posttest untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan instrumen non-tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Statistik uji yang digunakan adalah one sample t-test dan independent t-test (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif think pair share efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP, (2) Pendekatan saintifik dengan setting diskusi efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP, (3) Pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif think pair share lebih efektif dibandingkan pendekatan saintifik dengan setting diskusi ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontekstual, pembelajaran kooperatif tipe think pair share, pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 15:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52694

Actions (login required)

View Item View Item