PENERAPAN PEMBELAJARAN ETIKA BERLALU LINTAS (ELL) UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DI TK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Yanuri, Pangestuti (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN ETIKA BERLALU LINTAS (ELL) UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DI TK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Yanuri Pangestuti_13111241050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran etika berlalu lintas untuk menanamkan karakter di TK Negeri 2 Yogyakarta, karakter yang muncul dalam pembelajaran ELL, faktor penghambat pada penerapan pembelajaran ELL serta cara mengatasi dari faktor penghambat pada penerapan pembelajaran ELL. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru, kepala sekolah, peserta didik dan orangtua. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian penerapan pembelajaran etika berlalu lintas untuk menanamkan karakter ini adalah : 1) Pedoman yang digunakan ialah pedoman/acuan pelaksanaan pendidikan etika berlalu lintas tahun 2012 yang disusun oleh dikpora DIY, 2) Perencanaan dengan memasukkan indikator capaian perkembangan pendidikan ELL ke dalam RKM dan RKH, 3) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan melalui pengintegrasian dengan kegiatan pembelajaran, pembudayaan serta pembiasaan, 4) Penilaian (evaluasi) pelaksanaan pembelajaran ELL terintegrasi dengan penilaian pembelajaran lainnya, 5) Karakter yang muncul dalam pendidikan etika berlalu lintas adalah religius, disiplin, toleransi dan tanggungjawab, 6) Faktor penghambat yaitu area sekolah yang sempit, dan faktor lingkungan yang tidak bisa dikontrol oleh pihak sekolah karena menjadi wewenang dari orangtua, 7) Cara mengatasi faktor yang menghambat dalam hal penerapan pendidikan etika berlalu lintas di TK Negeri 2 Yogyakarta adalah mengadakan komunikasi antara guru dan orangtua, menyesuaikan penggunaan taman lalu lintas, meningkatkan kerjasama dengan orangtua dan bekerjasama dengan pihak kepolisian. Kata kunci : pembelajaran ELL, karakter, studi deskriptif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 05 Sep 2017 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 15:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52692

Actions (login required)

View Item View Item