Analisis Tingkat Efisiensi Teknis Pengelolaan Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bantul Menggunakan Data Envelopment Analysis.

Widyarini, Shinta (2017) Analisis Tingkat Efisiensi Teknis Pengelolaan Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bantul Menggunakan Data Envelopment Analysis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-shinta-widyarini-15703251021.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi teknis pengelolaan SMA Negeri di Kabupaten Bantul dengan metode Data Envelopment Analysis pada tahun 2013-2015. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi yang meneliti 19 SMA Negeri di Kabupaten Bantul. Penelitian dilakukan di beberapa instansi yang berkaitan objek penelitian dan dilakukan mulai bulan Februari hingga April 2017. Adapun instansi yang dimaksud yaitu Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta, Balai Dikmen Kabupaten Bantul, dan website yang relevan. Variabel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kategore yaitu variabel input (rasio siswa guru, rasio siswa tenaga kependidikan, rasio tingkat pendidikan guru minimal sarjana, rasio pengalaman guru lebih dari 15 tahun, rasio buku per siswa, rata-rata nilai siswa baru) dan variabel output (hasil ujian nasional). Data penelitian dikumpulkan melalui analisis dokumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Max DEA versi 6.13 dan perhitungan manual dengan bantuan program Excel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efisiensi SMA Negeri di Kabupaten Bantul selama tiga tahun ajaran terakhir dinilai tidak efisien. Terdapat tujuh sekolah yang mendapatkan efisiensi sempurna selama tahun ajaran 2013/2014, 2014/2015 dan 2015/2016, yaitu SMA Negeri 1 Bantul, SMA Negeri 2 Bantul, SMA Negeri 1 Srandakan, SMA Negeri 1 Kretek, SMA Negeri 1 Bambanglipuro, SMA Negeri 1 Jetis dan SMA Negeri 1 Dlingo. Tingkat efisiensi yang fluktuatif terjadi pada sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SMA Negeri Kabupaten Bantul, Data Envelopment Analysis (DEA), efisiensi teknis
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Sep 2017 01:30
Last Modified: 09 May 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52690

Actions (login required)

View Item View Item