EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA STOP MOTION CHEMISTRY BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI KOLOID TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MAN YOGYAKARTA 2

Ayudhy, Fitra Asyfa (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA STOP MOTION CHEMISTRY BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI KOLOID TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MAN YOGYAKARTA 2. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 FITRA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media stop motion chemistry berbasis scientific approach dan peserta didik yang menggunakan media powerpoint berbasis scientific approach. Penelitian didesain sebagai penelitian eksperimen dengan rancangan satu faktor, dua sampel. Satu faktor berupa media pembelajaran, dua variabel yaitu motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta 2 yang terdiri dari 2 kelas diambil secara purpossive sampling, yaitu dipilih dua kelas dengan jumlah peserta didik yang sama, masing-masing sebanyak 27 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan media stop motion chemistry berbasis scientific approach, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan powerpoint berbasis scientific approach. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, dan soal. Data mengenai motivasi dan prestasi belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t beda subjek. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media stop motion chemistry berbasis scientific approach dan peserta didik yang menggunakan media powerpoint berbasis scientific approach. Dengan demikian penelitian ini telah berhasil menunjukkan efektivitas penerapan stop motion chemistry berbasis scientific approach terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 04 Sep 2017 08:23
Last Modified: 16 Nov 2017 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52688

Actions (login required)

View Item View Item