PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE JOYFUL EFFECTIVE LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Wijayanti, Indra Kusuma and Retnawati, Heri (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE JOYFUL EFFECTIVE LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi segiempat dan segitiga kelas VII berupa LKS yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran Active Joyful Effective Learning (AJEL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan kualitas bahan ajar ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kualitas LKS dideskripsikan berdasarkan hasil penilaian kevalidan isi oleh ahli materi, angket respon siswa dan respon guru yang mengukur aspek kepraktisan penggunaan LKS dan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa untuk mengukur keefektifan LKS dalam memfasilitasi pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan diimplementasikan di SMP Negeri 4 Wates dengan objek penelitian siswa kelas VIID. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa LKS yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. LKS dinyatakan valid ahli materi memberikan skor 4.2. LKS dinyatakan praktis karena guru memberikan skor rata-rata 3.5 dan siswa memberikan skor rata-rata 3.1 terhadap aspek kepraktisan. Berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis, LKS dan RPP memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dengan kenaikan hasil belajar kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen sebesar 47,2% lebih dari kenaikan hasil belajar pada kelas kontrol dan persentase siswa yang memenuhi KKM pada kelas kontrol sebesar 62,5% dengan persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja siswa, pendekatan kontekstual, AJEL, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Sep 2017 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 15:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52686

Actions (login required)

View Item View Item