EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP

Rachmawati, Evi Cahya and Hernawati, Kuswari (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (22kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran matematika antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Team Games Tournament (TGT) yang ditinjau dari prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan eksperimen pretest-posttest dengan dua kelas eksperimen yang dipilih secara acak (Randomized pretest-posttest control group design). Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak (Random) dari populasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT dan seluruh siswa dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran TAI. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian ini dengan menunjukkan bahwa capaian skor prestasi belajar matematika siswa sesudah diberikan perlakuan lebih tinggi daripada sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran TGT karena nilai thitung = 20,706 > 1,70. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada capaian skor prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran TAI karena nilai thitung = 16,008 > 1,70. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran matematika siswa dengan model pembelajaran TGT lebih efektif daripada siswa dengan model pembelajaran TAI berdasarkan prestasi belajar siswa, karen nilai thitung = 2,962 > 1,67.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, TGT, TAI, prestasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Sep 2017 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 15:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52685

Actions (login required)

View Item View Item