Rachmawati, Evi Cahya and Hernawati, Kuswari (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
Abstrak.docx Download (22kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (308kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (88kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran matematika antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Team Games Tournament (TGT) yang ditinjau dari prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan eksperimen pretest-posttest dengan dua kelas eksperimen yang dipilih secara acak (Randomized pretest-posttest control group design). Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak (Random) dari populasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT dan seluruh siswa dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran TAI. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian ini dengan menunjukkan bahwa capaian skor prestasi belajar matematika siswa sesudah diberikan perlakuan lebih tinggi daripada sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran TGT karena nilai thitung = 20,706 > 1,70. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada capaian skor prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran TAI karena nilai thitung = 16,008 > 1,70. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran matematika siswa dengan model pembelajaran TGT lebih efektif daripada siswa dengan model pembelajaran TAI berdasarkan prestasi belajar siswa, karen nilai thitung = 2,962 > 1,67.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, TGT, TAI, prestasi |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 01:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |