PERBEDAAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MIA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV DAN JIGSAW I

Saputri, Tessa Noviri Eka (2017) PERBEDAAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MIA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV DAN JIGSAW I. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI_TESSA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan motivasi belajar kimia antara yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I, (2) perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV, (3) perbedaan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Pembelajaran di kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw I, sedangkan di kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV. Motivasi belajar kimia peserta didik diukur menggunakan angket motivasi dan dianalisis menggunakan uji-t dan prestasi belajar kimia diukur menggunakan soal prestasi belajar kimia dan dianalisis menggunakan uji-t beda subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I, (2) ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV, (3) ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 04 Sep 2017 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52684

Actions (login required)

View Item View Item