PENGARUH POLA TANAM PADI (Oryza sativa L) KULTIVAR CIHERANG TERHADAP KEANEKARAGAMAN JENIS HAMA DI KELOMPOK TANI SEDYO MAJU DESA JOGOTIRTO, KECAMATAN BERBAH

Triyono, Triyono (2017) PENGARUH POLA TANAM PADI (Oryza sativa L) KULTIVAR CIHERANG TERHADAP KEANEKARAGAMAN JENIS HAMA DI KELOMPOK TANI SEDYO MAJU DESA JOGOTIRTO, KECAMATAN BERBAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN + persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan bahan pangan terutama beras akan terus meningkat sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk. Dalam usaha untuk membudidayakan padi tentunya terdapat faktor pembatas salah satunya dengan adanya hama. Keanekaragaman jenis hama ditentukan oleh aktivitas reproduksinya yang didukung dengan kondisi lingkungan yang sesuai dan tercukupinya kebutuhan sumber makanannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai pola tanam padi terhadap keanekaragaman jenis hama dan predator. Penelitian ini merupakan Rancangan Acak Lengkap dengan tempat pelaksanaan di Kelompok Tani Sedyo Maju Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta pada bulan Mei-Juli 2016. Terdapat jarak tanam (Transplanter, PTT, dan Petani) dan dua sistem pengairan (AWD dan PTT). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu penggunakan insect net dan perangkap feromon. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat pengaruh yang nyata antara berbagai pola tanam terhadap keanekaragaman hama predator, hama, dan predator. Kanekaragaman hama predator berkisar antara 1.83-2.11. Untuk keanekaragaman hama berkisar antara 1.3-1.41 serta predator 1.36-1.45. Dimana semuanya masuk dalam kategori sedang. Spesies hama yang ditemukan sebanyak 7 spesies meliputi : Locusta sp, Oxya sp, Leptocorisa acuta, Nephotettix virescens, Cnaphalocrocis medinalis, Nezara viridula, dan Scirpophaga incertulas. Sedangkan spesies predator yang ditemukan sebanyak 7 spesies yaitu : meliputi Harmonia octomuculata, Agriocnemis sp, Conocepalus sp, Tetragnatha javana, Paedarus sp, Araneus inustus, dan Argiope sp.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola tanam, keanekaragaman, hama, predator
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 18 Sep 2017 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 15:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52683

Actions (login required)

View Item View Item