PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS VB SD N KASIHAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Putri, Festia Gaby Disa (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS VB SD N KASIHAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Festia Gaby Disa Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menyimak cerita pendek dengan menggunakan media audio visual film animasi pada siswa kelas VB SD N Kasihan Tahun Ajaran 2016/2017. Selain itu, untuk meningkatkan nilai rata-rata keterampilan menyimak cerita pendek dengan menggunakan media audio visual film animasi pada siswa kelas VB SD N Kasihan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD N Kasihan yang berjumlah 25 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis and Mc Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media audio visual film animasi dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pendek pada siswa kelas VB SD N Kasihan Tahun Ajaran 2016/2017. Peningkatan proses pembelajaran terlihat pada antusias siswa selama mengikuti proses pembelajaran menyimak cerita pendek dengan menggunakan media audio visual film animasi, dikarenakan hampir semua siswa belum pernah membaca atau melihat jalannya cerita pendek yang disimak pada siklus II. Aktivitas siswapun meningkat sangat tinggi. Hal ini terlihat hampir semua siswa aktif menanggapi pertanyaan dari guru setelah menyimak cerita pendek dengan menggunakan media audio visual film animasi. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menyimak cerita pendek pada siklus I sebesar 13,99, yang kondisi awal 59,56 meningkat menjadi 73,55 dan pada siklus II meningkat sebesar 20,49, yang kondisi awal 59,56 meningkat menjadi 80,05. Kata kunci: keterampilan menyimak cerita pendek, media audio visual film animasi, dan SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Sep 2017 05:47
Last Modified: 30 Jan 2019 15:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52682

Actions (login required)

View Item View Item