Pengembangan Model Permainan Bola Corong Berbasis Bola Basket dan Bola Tangan untuk Meningkatkan Motivasi dan Kerjasama Anak SD Kelas Atas.

Ngadino, Ngadino (2017) Pengembangan Model Permainan Bola Corong Berbasis Bola Basket dan Bola Tangan untuk Meningkatkan Motivasi dan Kerjasama Anak SD Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ngadino-14711251015.swf

Download (10MB)

Abstract

Metode penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah model permainan bola corong berbasis bola basket dan bola tangan yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan kerjasama anak SD kelas atas dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dari Borg & Gall dan mengadaptasi dari Wasis (2004) dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi, (2) analisis hasil informasi, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi tahap pertama, (5) uji coba skala kecil dan revisi, (6) uji coba skala besar dan revisi, (7) pembuatan produk final, dan (8) uji efektivitas produk. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 30 anak SD kelas atas (10 anak SD Jambidan 1, 10 anak SDIT LHI, 10 anak SDN Sekarsuli). Uji coba skala besar dilakukan terhadap 50 anak SD kelas atas (10 anak SDN Jambidan 2, 10 anak SDN Wiyoro, 10 anak SDN Singosaren, 10 anak SDN Muhammadiyah Mertosanan, 10 anak SDN Mutihan). Uji efektivitas produk dilakukan terhadap 10 anak SD kelas atas di SDN Sampangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan, pedoman wawancara, catatan lapangan, lembar evaluasi, angket skala nilai, validasi, rubrik penilaian, dan penilaian uji efektivitas. Hasil penelitian berupa model permainan bola corong berbasis bola basket dan bola tangan. Model permainan disusun dalam bentuk buku pedoman dan video pembelajaran berjudul Model Permainan Bola Corong. Berdasarkan penilaian para ahli materi dan guru serta uji efektivitas, model permainan bola corong berbasis bola basket dan bola tangan yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi dan kerjasama anak SD kelas atas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan, bola corong, bola basket, bola tangan, motivasi, kerjasama
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:05
Last Modified: 09 May 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52678

Actions (login required)

View Item View Item