Permatasari, Dewi (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS III SD NEGERI GEDONGKIWO. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
DEWI PERMATASARI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap sikap demokratis siswa pada mata pelajaran PKn kelas III SD Negeri Gedongkiwo. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental, tipe Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Gedongkiwo yang terdiri dari kelas Eksperimen (29 siswa) dan kelas kontrol (28 siswa). Obyek penelitian yaitu sikap demokratis siswa pada mata pelajaran PKn. Instrumen yang digunakan adalah skala sikap demokratis. Validitas instrumen melalui expert judgment dan validitas secara empirik. Teknik analisis data menggunakan t-test independent yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitas data. Diperoleh nilai rata-rata pada pre-test kelompok eksperimen sebesar 66,06 dan nilai post-test sebesar 73,72. Pada Kelompok kontrol rata-rata pada pre-test sebesar 67,00 dan nilai post-test sebesar 68,25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan metode VCT terhadap sikap demokratis siswa pada mata pelajaran PKn yaitu sebesar 0,035 < 0,05. Kata Kunci: Value Clarification Technique (VCT), Sikap Demokratis, PKn
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 03:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |