Pengembangan Perangkat Instruksional AT-Media Untuk Peningkatan Aspek Pemahaman Konsep Mikrokontroler Di Sekolah Menengah Kejuruan.

Wibowo, Arief (2017) Pengembangan Perangkat Instruksional AT-Media Untuk Peningkatan Aspek Pemahaman Konsep Mikrokontroler Di Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arief-wibowo-11702259006.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan unjuk kerja perangkat instruksional AT-Media yang telah dikembangkan, (2) memperoleh kelayakan perangkat instruksional AT-Media yang sesuai dengan analisis kebutuhan di kompetensi keahlian Elektronika Industri SMK Negeri 3 Wonosari, dan (3) mendeskripsikan efektifitas perangkat instruksional AT-Media untuk mengetahui perbedaan aspek pemahaman konsep pada mata pelajaran Mikrokontroler di Kompetensi Keahlian Elektronika Industri SMK N 3 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Lee Owens dan pendekatan waterfall yang dikembangkan Pressman. Subjek pada penelitian ini terdiri dari (1) Bapak / Ibu Dosen Pascasarjana dan Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika UNY sebagai ahli media, ahli materi dan peserta Focus Group Discussion (FGD), (2) Praktisi bidang mikrokontroler yang berperan dalam FGD, (3) Guru-guru bidang elektronika dari berbagai Sekolah sebagai nara sumber FGD dan Front End Analisys (FEA), serta (4) Siswa-siswi Kompetensi Keahlian Elektronika Industri SMKN 3 Wonosari yang dilibatkan dalam pengambilan data FEA dan uji lapangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes dan non tes. Instrumen non tes digunakan pada tahap need asessment dan evaluasi formatif, sedangkan instrumen tes digunakan pada evaluasi sumatif. Koefisien alpha pada uji pretest didapatkan nilai 0,620 dan pada uji posttest didapatkan nilai 0,615 yang berarti nilai validitas dan reliabilitas, baik pada pretest maupun posttest masuk pada kategori tinggi. Teknik evaluasi pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data dianalisis secara deskriptif, dievaluasi secara uji kelayakan dan uji efektifitas produk. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) deskripsi unjuk kerja perangkat instruksional AT-Media, dimana setiap blok pada media hardware bekerja sesuai yang diharapkan dan memiliki kesesuaian dengan teori elektronika dan mikrokontroler yang tercantum pada modul materi, (2) diperoleh perangkat instruksional AT-Media dengan tingkat kelayakan sangat layak pada evaluasi Ahli Media, sedangkan pada evaluasi Ahli Materi, Evaluasi Satu – Satu, dan Evaluasi Lapangan mendapat nilai pada kategori layak, dan (3) didapatkan efektifitas aspek pemahaman konsep siswa setelah menggunakan AT-Media dengan nilai signifikansi uji non parametrik wilcoxon sebesar 0,000 yang berarti penggunaan AT-Media lebih efektif untuk meningkatkan aspek pemahaman konsep siswa kompetensi keahlian Elektronika Industri SMK N 3 Wonosari pada materi mikrokontroler.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: AT-Media, Pengembangan, Pemahaman Konsep, Mikrokontroler ATMega
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2017 03:34
Last Modified: 09 May 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52675

Actions (login required)

View Item View Item