UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS IV SD NEGERI 01 TUNGGULREJO KEC. JUMANTONO KAB. KARANGANYAR

Wibowo, Bhismo Aji (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS IV SD NEGERI 01 TUNGGULREJO KEC. JUMANTONO KAB. KARANGANYAR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Bhismo Aji Wibowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil keterampilan menulis aksara Jawa pada pembelajaran bahasa Jawa melalui penerapan model Quantum Teaching di kelas IV SD Negeri 01 Tunggulrejo Kec. Jumantono Kab. Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Model penelitian yang digunakan yaitu model spiral tindakan kelas yang dikemukakan oleh Hopkins. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Tunggulrejo yang berjumlah 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar penilaian menulis. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan 80% siswa mencapai KKM atau ≥70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil keterampilan menulis aksara Jawa pada pembelajaran bahasa Jawa. Hal itu dapat dibuktikan dengan siswa mempunyai motivasi untuk mengikuti pembelajaran, memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat mempresentasikan hasil kerjanya, siswa berani untuk mengungkapkan pendapat, siswa dapat menyimpulkan pembelajaran yang telah dilalui, dan siswa juga dapat menghargai temannya. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis aksara Jawa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan adalah 37,02 dengan persentase ketuntasan sebesar 19,05%, dan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70,48 dengan persentase ketuntasan sebesar 61,90%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa juga meningkat menjadi 80,95 dengan persentase ketuntasan sebesar 80,95%. Kata kunci: keterampilan menulis, aksara, Quantum Teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Sep 2017 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52670

Actions (login required)

View Item View Item