PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMP NEGERI 2 BERBAH TAHUN AJARAN 2016/2017

Rosdianawati, Vera (2017) PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMP NEGERI 2 BERBAH TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak Vera Rosdianawati.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan sikap tanggung jawab dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPA materi zat aditif pada makanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas ini meliputi dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Berbah semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan subjek penelitian kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi sikap tanggung jawab, soal prestest dan soal posttest. Lembar observasi sikap tanggung jawab digunakan untuk pedoman penilaian pengamatan sikap tanggung jawab siswa oleh observer. Soal pretest dan soal posttest digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan lembar observasi sikap tanggung jawab siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Berbah tahun ajaran 2016/2017 terjadi peningkatan hasil persentase sikap tanggung jawab siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 74% dan pada siklus II sebesar 84%. Kemudian hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menunjukkan adanya peningkatan, hal ini dapat dilihat dari kenaikan gain skor pada setiap siklus, yaitu siklus I sebesar 0,54 dan siklus II sebesar 0,75. Dengan beberapa peningkatan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar pada siswa kelas VIII C.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, sikap tanggung jawab, hasil belajar, Numbered Head Together (NHT)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:36
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52669

Actions (login required)

View Item View Item