PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN (TANAH) DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK KETERCAPAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Ratri, Nia Ambar (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN (TANAH) DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK KETERCAPAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak Nia Ambar R..pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan LKPD tema pencemaran lingkungan dengan model Project based Learning untuk ketercapaian keterampilan proses sains, 2) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan model Project based Learning, 3) ketercapaian keterampilan proses sains saat peserta didik menggunakan LKPD tema pencemaran lingkungan (tanah) dengan model Project based Learning, 4) respon peserta didik terhadap LKPD tema pencemaran lingkungan (tanah) dengan model Project based Learning untuk ketercapaian keterampilan proses sains melalui angket. Penelitian merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini melibatkan validator ahli (ahli media dan ahli materi) dan validator praktisi (guru IPA) serta 32 peserta didik kelas VII A SMP N 1 Turi sebagai subyek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD IPA, lembar keterlaksanaan pembelajaran dengan model Project based Learning, lembar observasi keterampilan proses sains, angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA, dan lembar evaluasi tes untuk kepemahaman materi pencemaran lingkungan sebagai instrumen tambahan. Hasil penelitian ini adalah LKPD IPA dengan model Project based Learning dengan tema pencemaran tanah yang dipadukan dengan keterampilan proses sains dinyatakan layak digunakan untuk mencapai keterampilan proses sains peserta didik. Berdasarkan penilaian validator secara keseluruhan meliputi kelayakan didaktif, konstruksi, dan teknis dengan kategori sangat baik (A). Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan model Project based Learning telah terlaksana dengan presentase 100% termasuk dalam kategori sangat baik (A). Keterampilan proses sains saat peserta didik menggunakan LKPD tema pencemaran lingkungan (tanah) dengan model Project based Learning yang diteliti telah tercapai dengan kategori baik (B) dan respon peserta didik terhadap LKPD IPA model Project Based Learning untuk mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik SMP melalui angket termasuk dalam baik (B).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, IPA, model Project based Learning, keterampilan proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:36
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52668

Actions (login required)

View Item View Item