PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AKUSTIK SUARA SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 YOGYAKART

Figri, Ghozali (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AKUSTIK SUARA SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 YOGYAKART. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
LAPORAN TAS.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Akustik Suara yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Perekayasaan Sistem Audio Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan mengetahui kelayakan Modul Pembelajaran Akustik Suara yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Perekayasaan Sistem Audio Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Modul pembelajaran ini digunakan pada Mata Pelajaran Teknik Perekayasaan Sistem Audio Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) versi Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Anik Ghufron. Metode R&D ini melalui empat tahapan: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan; 3) uji lapangan; dan 4) diseminasi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket skala Likert model empat pilihan. Modul Pembelajaran Akustik Suara divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media selanjutnya diujicobakan kepada sembilan peserta didik kelas XI Audio Video 1 dan dua puluh enam peserta didik kelas XI Teknik Audio Video 2 di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Modul Pembelajaran Akustik Suara sebagai bahan ajar Mata Pelajaran Teknik Perekayasaan Sistem Audio Kelas XI. Isi modul terdiri dari judul, pendahuluan, pembelajaran, dan evaluasi dengan total 180 halaman. Bahasa yang digunakan dalam modul pembelajaran ini adalah Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini mendapat rerata skor setelah divalidasi oleh ahli materi sebesar 3,53 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, oleh ahli media mendapatkan rerata skor sebesar 3,72 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, dan dari uji lapangan mendapat rerata skor sebesar 3,48 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”. Berdasarkan dari hasil validasi ahli dan uji lapangan tersebut maka modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Perekayasaan Sistem Audio.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, akustik suara, teknik perekayasaan sistem audio
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:28
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52666

Actions (login required)

View Item View Item