PENGARUH POLA ASUH AUTHORITATIF TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Purbosiwi, Apriliani Dyah (2017) PENGARUH POLA ASUH AUTHORITATIF TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Apriliani Dyah Purbosiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran variabel kecerdasan emosi dan pola asuh authoritative pada siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 serta mengetahui pengaruh pola asuh authoritative terhadap kecerdasan emosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain ex-post facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 96 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala pola asuh authoritative dan kecerdasan emsoi dengan empat pilihan jawaban. Validitas instrumen diuji menggunakan rumus alpha cronbach dengan bantuan program SPSS. Kriteria butir valid adalah minimal 0,3. Reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus alpha cronbach dengan bantuan program SPSS. Hasil masing-masing instrumen adalah 0,6 untuk skala pola asuh authoritative dan 0,87 untuk skala kecerdasan emosi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosi sebagian besar siswa (69,79%) berada pada kategori sedang (2) pola asuh authoritative yang diterapkan kepada sebagian besar siswa (72,92%) berada pada kategori sedang (3) pola asuh authoritative berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,00. Kemudian koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0,375. Dari hasil ini dapat diketahui besar sumbangan pola asuh terhadap kecerdasan emosi, yakni sebesar 37,5%. Selain itu, dari data tersebut juga diperoleh persamaan regresi Y= 66,2 + 1,56X. Kata kunci: kecerdasan emosi, pola asuh authoritative

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Aug 2017 05:36
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52664

Actions (login required)

View Item View Item