PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SD NEGERI 1 JATIKUWUNG

Ratnaningsih, Annisa (2017) PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SD NEGERI 1 JATIKUWUNG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Annisa Ratnaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis Problem Based Learning yang dapat digunakan untuk pembelajaran pada materi Peristiwa Alam mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Jatikuwung. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model Borg dan Gall (1983). Namun pada penelitian ini hanya melalui sembilan tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tahap studi pendahuluan yaitu peneliti mendapatkan sebuah gagasan untuk membuat LKS IPA berbasis Problem Based Learning materi peristiwa alam. Hasil tahap perencanaan yaitu merumuskan tujuan penggunaan media, mempersiapkan alat dan bahan, serta merancang desain pengembangan media. Pengembangan bentuk awal menghasilkan produk LKS yang siap untuk divalidasi. Validasi dilakukan dengan dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Validasi terakhir dari segi materi memperoleh skor rata-rata 4,88 dengan kriteria “sangat baik”. Validasi terakhir dari segi media memperoleh skor rata-rata 4 dengan kriteria “baik”. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,93 dengan kriteria “Sangat Baik”. Uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 4,45 dengan kriteria “Sangat Baik”. Uji coba lapangan operasional mendapatkan skor rata-rata 4,56 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil tanggapan guru terhadap produk LKS mendapatkan skor rata-rata 4 dengan kriteria “Baik”. Selain itu hasil nilai pemecahan masalah siswa terhadap produk LKS termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata 86,89. Dengan demikian, LKS yang telah dikembangkan dikatakan layak digunakan sebagai LKS IPA berbasis Problem Based Learning pada materi peristiwa alam untuk kelas V SD. Kata kunci: pengembangan, LKS, Problem Based Learning, Kelas V SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Aug 2017 05:26
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52663

Actions (login required)

View Item View Item