IMPLEMENTASI PROGRAM MEMBACA SENYAP DI KELAS IV B SD NEGERI NGOTO

Suryani, Amrin (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM MEMBACA SENYAP DI KELAS IV B SD NEGERI NGOTO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Amrin Suryani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program membaca senyap di kelas IV B SD N Ngoto. Fokus penelitian ini yaitu implementasi program membaca senyap termasuk di dalamnya proses pencetusan ide, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan pelaksanaan program membaca senyap di SD N Ngoto khususnya di kelas IV B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di SD N Ngoto dengan subjek penelitian koordinator budaya baca sekolah, pustakawan, guru kelas IV B, dan siswa kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes pemahaman membaca. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencetusan ide program membaca senyap berasal dari program kerjasama SD N Ngoto dengan lembaga USAID PRIORITAS; (2) perencanaan program dilakukan dengan merencanakan kegiatan sosialisasi, waktu dan tempat, penanda, penyediaan fasilitas, tagihan, dan langkah pelaksanaan; (3) program dilaksanakan diawali dengan sosialisasi guru ke siswa, dilaksanakan di dalam dan luar kelas selama 15 menit setiap pagi hari, guru memberikan aba-aba sebagai penanda, menyediakan fasilitas berupa bahan bacaan dan 8 pusat baca bagi kelas IV B, tagihan berupa diskusi kata sukar dan meringkas buku, serta pelaksanaan membaca senyap dilakukan setelah siswa berdoa bersama; (4) evaluasi kegiatan disisipkan pada rapat bulanan sekolah, evaluasi yang perlu diperhatikan berupa perubahan jadwal membaca senyap, peningkatan kedisiplinan guru dan siswa saat membaca senyap, dan koordinasi serta tanggungjawab dari berbagai pihak terkait program membaca senyap; (5) hambatan yang dialami berupa kendala sirkulasi buku yang kurang sesuai dengan minat dan karakteristik siswa kelas IV serta perilaku membaca beberapa siswa yang kurang baik. Kata kunci: program membaca senyap, membaca senyap

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Aug 2017 05:23
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52662

Actions (login required)

View Item View Item