PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA TERBIMBING PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH GIRINYONO PENGASIH KULON PROGO

Rahman, Ahmad Fauzi (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA TERBIMBING PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH GIRINYONO PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ahmad Fauzi Rahman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan menggunakan metode pembelajaran membaca terbimbing siswa kelas I Sekolah Muhammadiyah Girinyono, Pengasih, Kulon Progo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitan Tindakan Kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observsasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017 di SD Muhammadiyah Girinyono, Pengasih, Kulon Progo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Muhammadiyah Girinnyono pada semester II Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 16 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes keterampilan membaca permulaan dan catatan lapangan. Jenis analisis data yang digunakan adalah deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran membaca terbimbing dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Hasil tes keterampilan membaca permulaan siswa ketika pra siklus, terdapat 11 siswa (68,75%) dari 16 siswa siswa yang belum tuntas. Sedangkan yang sudah tuntas yaitu 5 siswa (31,25%). Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 7 siswa (43,75%) dan siswa yang belum tuntas sebesar 9 siswa (56,25%). Hasil ini belum memenuhi kriteria keberhasilan penelitian sehingga peneliti melakukan tindak lanjut pada siklus II berdasarkan refleksi siklus I. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat, 13 siswa (81,25%) telah tuntas sedangkan 3 siswa (18,75%) masih belum tuntas. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diketahui bahwa keriteria keberhasilan penelitian telah tercapai pada siklus II. Kata kunci : keterampilan membaca permulaan, metode pembelajaran membaca terbimbing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:46
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52661

Actions (login required)

View Item View Item