IMPLEMENTASI PROGRAM BUDDY SEBAGAI SOLUSI MENURUNKAN PERILAKU BULLYING DI SD KRISTEN KALAM KUDUS YOGYAKARTA

Ikhsanah, Annisa Nur (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM BUDDY SEBAGAI SOLUSI MENURUNKAN PERILAKU BULLYING DI SD KRISTEN KALAM KUDUS YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Annisa Nur Ikhsanah_13110241058_TAS_10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Buddy, mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi Program Buddy, mengidentifikasi solusi dalam implementasi Program Buddy, serta mendeskripsikan hasil dari Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tujuan Program Buddy adalah untuk mencegah dan meminimalisir bullying yang ada di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta dengan cara memangkas rasa senioritas khususnya dari kakak kelas. (2) Persiapan Implementasi Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta dilakukan oleh Tim Kerohanian. Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta diimplementasikan ke dalam kegiatan yaitu Leader Thing sistem Buddy (Relawan), Masuk TK, Renungan Pagi, Upacara, Ekstrakurikuler, dan MOS Bersama. (3) Faktor pendukung imlementasi program Buddy yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai, sarana prasarana dan lokasi (tempat) yang memadai, dukungan dari orangtua, guru, dan karyawan. Faktor penghambat implementasi program Buddy terbagi menjadi 2 yaitu waktu, peserta didik, pengawasan di rumah dan tontonan TV. (4) Solusi mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta yaitu evaluasi keseluruhan, usaha dana, pendekatan personal dan komunikasi dengan orangtua. (5) Dampak/Hasil dari implementasi Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta, yaitu penurunan perilaku bullying, peningkatan karakter siswa, dan bukti fisik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Program Antibullying, Perilaku Bullying, Bullying
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:25
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52659

Actions (login required)

View Item View Item