IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP PAMUNGKAS MLATI SLEMAN

Gitarinada, Ridha (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP PAMUNGKAS MLATI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ridha Gitarinada_13110244001_TAS_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di SMP Pamungkas Mlati Sleman yang meliputi nilai yang diterapkan, pendidik, metode, evaluasi, dan hambatan pendidikan karakter di SMP Pamungkas Mlati Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, dua orang wakil kepala sekolah, satu guru, satu karyawan, delapan orang siswa, empat orangtua siswa, serta tiga orang alumni. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan pencermatan dokumen. Analisis data menggunakan model Interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian sebagai berikut: : (1) Nilai pendidikan karakter yang diterapkan di SMP Pamungkas Mlati Sleman yaitu nilai religius dan disiplin. Nilai religius diterapkan melalui mengucapkan salam bila bertemu dengan guru dan teman, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, melakukan sholat Dzuhur berjamaah di mushola untuk siswa muslim sedangkan untuk siswa non muslim diberi motivasi untuk berjiwa religius. Disiplin diterapkan oleh kepala sekolah, guru dan siswa SMP Pamungkas Mlati Sleman dengan pembiasaan salaman pagi dan senyum, salam, sapa, sopan, santun, mengerjakan PR dengan penuh rasa tanggung jawab, dan mengumpulkan tugas tepat waktu. (2) Pendidik dalam pendidikan karakter dilakukan oleh kepala sekolah dan guru. (3) Metode yang dilakukan dalam pendidikan karakter yaitu: penanaman nilai dilakukan dengan cara motivasi dan pemberian sanksi; keteladanan nilai yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru datang tepat waktu; serta fasilitasi nilai dengan adanya mushola untuk melaksanakan sholat. (4) Evaluasi dalam pendidikan karakter dilaksanakan melalui pembinaan yang dilakukan oleh guru dan bekerja sama dengan guru BK. (5) Hambatan dalam pelaksanaan pendidikan karakter meliputi: orangtua siswa yang kurang berperan serta masih ada sebagian siswa yang melakukan tawuran pelajar antar sekolah dan membolos. Upaya mengatasi hambatan dengan cara semua guru diberi peran membimbing dan mengarahkan siswa secara berkelompok dan pihak sekolah mengadakan parenting.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, SMP Pamungkas Mlati Sleman
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:18
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52654

Actions (login required)

View Item View Item