KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 WATES KABUPATEN KEDIRI

Sambora, Tato Roval (2017) KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 WATES KABUPATEN KEDIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Tato Roval Sambora_13110241031_TAS_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan sekolah yang diterapkan di SMA Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa. Penelitian ini berjenis kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian yaitu siswa yang mengalami kesulitan belajar, sedangkan objek penelitiannya adalah kebijakan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Serta uji keabsahan data dilakukan dengan model triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan diagnosis yang telah dilakukan, jenis kesulitan belajar yang ditemui adalah kesulitan belajar akademik. Kesulitan belajar pada siswa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor individu, faktor keluarga, faktor lingkungan sekitar dan faktor dari sekolah. Untuk mengatasi kesulitan belajar, sekolah mengupayakan suatu solusi yang diterapkan melalui melalui kebijakan sekoloah. Kebijakan sekolah dalam mengatasi kesulitan belajar di SMA Negeri 1 Wates disusun berdasarkan pengamatan dari wali kelas, guru mapel, dan guru BK yang kemudian disetujui oleh kepala sekolah. Kebijakan ini diturunkan menjadi beberapa program sebagai berikut: a). Program kelompok tutor sebaya, b). Program remidial, c). Layanan BK dan parenting, d). Bimpres atau bimbingan prestasi. Faktor pendukung kebijakan tersebut antara lain: sarana dan prasarana yang memadahi, serta koordinasi yang baik antar lini pihak sekolah. Seperti koordinasi anatara wali kelas, guru mata pelajaran dan guru BK. Adapun faktor penghambat kebijakan antara lain: kurangnya partisipasi beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam mengikuti program yang diterapkan oleh sekolah. Serta ketidak jujuran dari para siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebijakan sekolah, mengatasi, kesulitan belajar
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52651

Actions (login required)

View Item View Item