IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBINAAN DAN PEMBIMBINGAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA YOGYAKARTA

Romadoni, Siti Fauziah (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBINAAN DAN PEMBIMBINGAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Siti Fauziah Romadoni_13110241027_TAS_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan implementasi kebijakan pembinaan dan pembimbingan sebagai pendidikan karakter bagi narapidana di LP Klas IIA Yogyakarta, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kebijakan, dan (3) mengetahui solusi dari hambatan pelaksanaan kebijakan. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah lima narapidana dan enam petugas pemasyarakatan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian adalah: (1) pelaksanaan kebijakan pembinaan dan pembimbingan sebagai pendidikan karakter di LP Klas IIA Yogyakarta berjalan sesuai tujuan pemasyarakatan. Pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan jasmani, rohani, intelektual dan kemandirian, (2) faktor pendukungnya adalah narapidana taat dan tertib; kerja sama dengan pihak ketiga; memperoleh voucher; kebijakan wajib diikuti narapidana. Faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi sebagian narapidana; sarana prasarana dan anggaran terbatas; pemasaran sempit, dan (3) solusi dari hambatan adalah memberikan pengusulan cuti dan sanksi dimasukan ke selker; memotivasi narapidana; mengajukan proposal ke Kantor Wilayah Hukum dan HAM DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan, pembinaan dan pembimbingan, pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 15:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52650

Actions (login required)

View Item View Item