KULTUR BELAJAR DI KAMPUNG BLOGGER MAGELANG

Ulfazulfiyana, Irhamna (2017) KULTUR BELAJAR DI KAMPUNG BLOGGER MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Irhamna Ulfazulfiyana_13110241046_TAS_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kultur belajar yang ada di Kampung Blogger; (2) mendeskripsikan upaya dalam pengembangan kultur belajar di Kampung Blogger; (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat kultur belajar di Kampung Blogger. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Setting penelitian ini berada di Kampung Blogger Magelang Jawa Tengah. Subjek penelitiannya yaitu pendiri, pengurus, anggota, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data bersamaan dengan proses pengumpulan data, diantaranya melalui tiga tahap model air yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran umum kultur belajar di Kampung Blogger terbagi menjadi dua yaitu gambaran umum kultur dan kultur belajar. (a) gambaran umum kultur wujud idealnya membangun jiwa kewirausahaan, wujud sistem sosial terjalin dengan baik di antara anggota juga warganya, dan wujud artefak telah menunjang belajar baik secara offline maupun online. (b) hasil kultur belajar tergambar pada perilaku belajar yang adaptif tampak pada kemampuan beradaptasi dengan dunia maya, strategi belajar yang adaptif terlihat pada disesuaikannya kebutuhan anggota belajar, dan tindakan belajar yang adaptif tampak pada kesadaran anggota belajar yang termotivasi oleh senior; (2) upaya pengembangan kultur belajar Kampung Blogger terlihat pada usaha adaptasi yang sudah diterima oleh masyarakat, berhasil mencapai tujuan awal komunitas, integrasi terbentuk di dalam komunitas, dan latensi yang sesuai dengan norma di masyarakat; (3) faktor pendukungnya ialah para blogger sukses, dukungan warga dan pemerintah, mudahnya akses internet dan komputer, juga kekompakan. Faktor penghambatnya ialah waktu dan tempat untuk belajar offline, adanya hacker yang mengancam web Amongblog, kesulitan pemahaman kosakata baru, kekurangan modal bagi para pemula, dan kesulitan bagi para anggota belajar online yang berbeda jam belajar dengan admin yang mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kultur belajar, belajar offline, belajar online, blogger
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Sep 2017 03:54
Last Modified: 30 Jan 2019 15:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52646

Actions (login required)

View Item View Item