IDENTIFIKASI HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD MUHAMMADIYAH TAMANAGUNG KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG

NUR FAUZI, SHODIQ (2017) IDENTIFIKASI HAMBATAN-HAMBATAN DALAM PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD MUHAMMADIYAH TAMANAGUNG KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (51MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja hambatan-hambatan dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka di SD Muhammadiyah Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei dengan pengambilan data melalui angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SD Muhammadiyah Tamanagung sebanyak 89 siswa. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif melalui bentuk persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan hambatan pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka di SD Muhammadiyah Tamanagung Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang tahun ajaran 2015/2016 adalah sedang. Secara rinci, terdapat 23 siswa (25,84%) dalam kategori sangat rendah, 21 siswa (23,60%) dalam kategori rendah, 27 siswa (30,34%) dalam kategori sedang, 12 siswa (13,48%) dalam kategori tinggi dan 6 siswa (6,74%) dalam kategori sangat tinggi. Frekuensi terbanyak terdapat pada kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa hambatan pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka di SD Muhammadiyah Tamanagung Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang tahun ajaran 2015/2016 adalah sedang dan faktor eksternal adalah faktor yang menyumbang hambatan paling tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan, ekstrakurikuler, pramuka
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Sep 2017 03:43
Last Modified: 30 Jan 2019 15:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52644

Actions (login required)

View Item View Item