LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BAHASA JERMAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Sillya Noor Nafisati, Sillya Noor Nafisati (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BAHASA JERMAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAPORAN INDIVIDU.docx

Download (111kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakulikuler dan wajib dilakukan oleh mahasiswa UNY yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan sehingga dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan dan atau kependidikan yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan dalam profesi. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMA Widya Kutoarjo yang beralamatkan di Jalan Sawunggalih No 70 Kutoarjo selama 2 bulan terhitung dari tanggal 27 Juni sampai dengan10 September 2013. Adapun tujuan utama dari kegiatan PPL adalah melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya. Sedangkan visi PPL sebagai wahana pembentukan calon guru/tenaga kependidikan yang professional. Disamping sebagai sarana pengabdian masyarakat kegiatan PPL juga sebagai persiapan mahasiswa ketika benar-benar terjun ke lapangan. Selama masa PPL praktikan banyak mendapatkan pengalaman baru. Pengalaman tersebut meliputi cara mengajar dan kegiatan lainnya seperti pembuatan media pembelajaran. Hal yang mendasari kegiatan tersebut adalah melaksanakan pengabdian yang sekaligus melatih bagi para praktikan untuk bekerja sesuai dengan ilmu yang didapat. Kegiatan PPL dilaksanakan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi, hingga pelaksanaan PPL berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Dalam melakukan PPL praktikan memberikan pelajaran di kelas X, XI dan XII. Praktikan dapat membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar dalam praktik mengajar yang sebenarnya (real-teaching) di sekolah dalam program PPL. Kegiatan PPL memberikan pengalaman berharga bagi praktikan yang belum pernah didapat sebelumnya. Adapun rancangan program secara keseluruhan terdiri dari program KKN individu dan PPL. Program KKN Individu diantaranyapengadaan buku dongeng (Märchen), pengadaan kamus Bahasa Jerman (Langenscheid). Sedangkan program PPL diantaranya adalah praktek mengajar di kelas, pembuatan RPP yang akan digunakan selama mengajar, konsultasi dengan guru pembimbing dan DPL PPL, mengoreksi tugas para siswa, membuat soal ulangan, mengadakan ulangan harian serta remidi, dan analisis soal uaraian. Praktikan berkesempatan mengajar kelas X, XI IPS, XII IPS selama hampir 2 bulan dengan mata pelajaran Bahasa Jerman. Program kegiatan KKN individu dan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar meskipun ada program yang pelaksanannya tidak sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Aug 2017 08:57
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52640

Actions (login required)

View Item View Item