PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B1 TK TUNAS MEKAR NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Uswatun Khasanah, Nurul Insani (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B1 TK TUNAS MEKAR NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Uswatun Khasanah Nurul I_12111244048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas pada anak Kelompok B1 TK Tunas Mekar Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan motorik halus anak, yang masih memerlukan banyak stimulasi agar keterampilan anak dapat meningkat sesuai dengan laju perkembangan usia anak yang seharusnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Tagart. Subjek penelitian ini berjumlah 27 anak, diantaranya 11 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan pedoman penelitian yaitu pedoman observasi berupa check list dan tekhnik analisis data menggunakan tekhnik analisis dekriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila anak yang berkategori Berkembang Sangat Baik sebanyak ≥76%. Hasil Penelitian menunjukkan keterampilan motorik halus dapat ditingkatkan melalui kegiatan melipat kertas. Langkah-langkah penelitian yang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas, dengan 1) penjelasan langkah-langkah lebih jelas dan diulang-ulang/ 2)menyiapkan alat praga yang lebih rinci untuk ditempel di papan tulis/ 3)pemberian reward baik secara verbal maupun visual. Hal ini ditunjukkan dengan kondisi awal atau pra tindakan keterampilan motorik halus anak pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 22,22% meningkat pada Siklus I menjadi 25,93%, kemudian dilanjutkan lagi pada Siklus II menjadi 81,48%. Kata kunci : keterampilan motorik halus, kegiatan melipat kertas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:15
Last Modified: 30 Jan 2019 15:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52629

Actions (login required)

View Item View Item