Fitriana, Rohmah Nur and Murdiyani, Nila Mareta (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (20kB) |
|
![]() |
Text
1. HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (470kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) |
|
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika realistik pada materi Segiempat dan Segitiga ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sewon. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sewon. Sampel dipilih secara acak dengan teknik purposive sampling. Sampel terpilih yaitu VII E sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan pembelajaran matematika realistiik dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dengan reliabillitas tinggi dan non-tes berupa angket minat belajar matematika siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Metode pengujian hipotesis dengan menggunakan one sample t-test dan independent samples t-test yang dibantu menggunakan software SPSS 18. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa 1) pembelajaran Ekspositori efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 2) pembelajaran matematika realistik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 3) pembelajaran matematika realistik lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran Ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 4) pembelajaran Ekspositori tidak efektif ditinjau dari minat matematika belajar siswa, 5) pembelajaran matematika realistik efektif ditinjau dari minat belajar matematika siswa, dan 6) pembelajaran matematika realistik lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran Ekspositori ditinjau dari minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sewon pada materi Segiempat dan Segitiga.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran matematika realistik, kemampuan pemecahan masalah, minat belajar matematika siswa |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 03:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |