Analisis Kemampuan Kognitif dan Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Wahyudi, Edi (2017) Analisis Kemampuan Kognitif dan Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-edi-wahyudi-15709251086.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif dan self-efficacy serta hubungan self-efficacy dengan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini termasuk penelitian survei dan sampel penelitian adalah 305 siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Lombok Timur, yang berasal dari 14 sekolah dengan tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan stratified proportional random sampling technique. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan kognitif tingkat rendah terdiri dari 24 soal pilihan ganda, tes kemampuan kognitif tingkat tinggi terdiri 6 soal essay, dan angket self-efficacy siswa yang terdiri dari 30 item. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas isi, validitas konstruk, dan reliabel. Validitas isi diperoleh melalui analisis rasional oleh dua orang ahli dan bukti validitas konstruk dilakukan dengan uji coba instrumen. Persentase siswa menjawab benar tes kemampuan kognitif tingkat rendah aspek mengingat (33,6%), memahami (26,3%), dan menerapkan (23,3%). Persentase siswa menjawab benar tes kemampuan kognitif tingkat tinggi aspek menganalisis (18,7%), mengevaluasi (10,4%) dan mencipta (0,5%). Sedangkan persentase siswa tidak selesai mengerjakan soal aspek menganalisis (41,5%), mengevaluasi (29,8%) dan mencipta (6,7%). Rata-rata skor self-efficacy siswa Madrasah Aliyah yaitu 85 berada pada kriteria sedang dan nilai korelasi self-efficacy dengan kemampuan kognitif yang dimiliki siswa sebesar 0,407 berada pada tingkat berkorelasi sedang. Tingkat self-efficacy siswa berkorelasi positif dan berpengaruh dengan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, self-efficacy, analisis korelasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:41
Last Modified: 09 May 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52623

Actions (login required)

View Item View Item