PELAKSANAAN PENDIDIKAN NILAI KEDISIPLINAN DI KELAS IV SD PALBAPANG BARU BANTUL

Elfrida, Usma (2017) PELAKSANAAN PENDIDIKAN NILAI KEDISIPLINAN DI KELAS IV SD PALBAPANG BARU BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Usma Elfrida.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan nilai kedisiplinan di kelas IV SD Palbapang Baru Bantul dan hambatan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kelas IV SD Palbapang Baru Bantul dengan narasumber antara lain kepala sekolah, guru di kelas IV, dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan komponen analisis data konsep Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan nilai kedisiplinan di kelas IV SD Palbapang Baru Bantul dilakukan melalui program pengembangan diri melalui kegiatan rutin seperti bersalaman sebelum dan sepulang sekolah, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, kegiatan piket; kegiatan spontan seperti pemberian hukuman dan penghargaan; keteladanan seperti kegiatan berjabat tangan dan tidak datang terlambat ke sekolah; dan pengkondisian seperti penyediaan sarana dan prasarana sekolah; pengintegrasian dalam pembelajaran tematik, membatik, agama dan penjaskes, dan menciptakan pembelajaran aktif serta pemberian bantuan kepada siswa; dan budaya sekolah melalui kebijakan sekolah, program sekolah, peraturan, pembiasaan. Hambatan yang dialami terdiri dari 1) siswa masih harus diingatkan dalam pelaksanaan suatu aturan; 2) guru belum maksimal dalam memberikan contoh; 3) Pemanfaatan sarana prasarana yang belum maksimal. Kata kunci: pelaksanaan, pendidikan nilai, disiplin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:25
Last Modified: 30 Jan 2019 15:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52622

Actions (login required)

View Item View Item