PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN PERSEPSI POLA ASUH PERMISIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO D. I. YOGYAKARTA

Zhaelani, Tulus (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN PERSEPSI POLA ASUH PERMISIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO D. I. YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tulus Zhaelani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kecerdasan emosi dan persepsi pola asuh permisif terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, D.I Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 529 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 239 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala untuk mengumpulkan data kecerdasan emosi, persepsi pola asuh permisif, dan motivasi belajar siswa. Instrumen ini diujicobakan kepada 49 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk dengan menggunakan teknik expert judgement, sedangkan untuk mengetahui daya beda item menggunakan korelasi product moment Pearson. Reabilitas instrumen diketahui dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi parsial, uji korelasi ganda, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan emosi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan sumbangan sebesar 3,65%; 2) persepsi pola asuh permisif berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan sumbangan sebesar 1,95%; 3) kecerdasan emosi dan persepsi pola asuh permisif secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan sumbangan sebesar 5,6%. Kata kunci: kecerdasan emosi, persepsi pola asuh permisif, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:20
Last Modified: 30 Jan 2019 15:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52621

Actions (login required)

View Item View Item