PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MELAKUKAN PERCOBAAN PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD Se-GUGUS IV KECAMATAN KARANGANOM KABUPATEN KLATEN

Istakarini, Suci (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MELAKUKAN PERCOBAAN PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD Se-GUGUS IV KECAMATAN KARANGANOM KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Suci Istakarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dalam melakukan percobaan pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Se-gugus IV Kecamatan Karanganom. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 16 siswa (kelompok eksperimen) dan 11 siswa (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal uraian tes kemampuan berpikir kritis menggunakan statistik inferensial dengan uji hipotesis yaitu uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 74,62 dan rata-rata post-test kelompok kontrol sebesar 65,28. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,260 lebih besar ttabel yaitu 1,708 dengan taraf signifikansi 5%, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dalam melakukan percobaan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis dalam Melakukan Percobaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:16
Last Modified: 30 Jan 2019 15:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52620

Actions (login required)

View Item View Item