Karakteristik Keterampilan Psikologis Atlet SEA Games XXIX Ditinjau dari Cabang Olahraga Permainan dan Olahraga Terukur Tahun 2017.

Kardi, Ipa Sari (2017) Karakteristik Keterampilan Psikologis Atlet SEA Games XXIX Ditinjau dari Cabang Olahraga Permainan dan Olahraga Terukur Tahun 2017. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ipa-sari-kardi-15711251090.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) karakteristik keterampilan psikologis atlet Pelatnas SEA Games XXIX pada cabang olahraga permainan, (2) karakteristik keterampilan psikologis atlet Pelatnas SEA Games XXIX pada cabang olahraga terukur, dan (3) perbedaan karakteristik keterampilan psikologis atlet Pelatnas SEA Games XXIX antara cabang olahraga permainan dengan cabang olahraga terukur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif, dengan desian penelitian yaitu a restrospective causal- comparative design. Populasi penelitian adalah atlet Pelatnas SEA Games XXIX cabang olahraga permainan dan olahraga terukur. Sampel penelitian berjumlah 176 atlet yang terdiri atas 76 atlet cabang olahraga permainan dan 100 atlet cabang olahraga terukur. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling technique. Variabel dalam penelitian ini yaitu karakteristik psikologis yang meliputi: aspek motivasi, percaya diri, kontrol kecemasan, persiapan mental, pentingnya tim, dan konsentrasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen The Psychological Skills Inventory for Sports. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% dengan bantuan SPSS versi 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik keterampilan psikologis atlet Pelatnas SEA Games XXIX pada cabang olahraga permainan berada pada kategori tinggi, dengan nilai rerata 143,89; (2) karakteristik keterampilan psikologis atlet Pelatnas SEA Games XXIX pada cabang olahraga terukur berada pada kategori tinggi, dengan nilai rerata 149,55; dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan karakteristik keterampilan psikologis atlet SEA Games XXIX antara atlet cabang olahraga permainan dengan atlet cabang olahraga terukur, hasil yang diperoleh menunjukkan keterampilan atlet cabang olahraga terukur lebih tinggi dari atlet cabang olahraga permainan, dimana nilai Sig. (2- tailed) yang diperoleh yaitu sebesar 0,006, maka (P = 0,006 < 0,05), sehingga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakteristik psikologis, atlet sea games, cabang olahraga permainan, dan cabang olahraga terukur.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:37
Last Modified: 11 Jan 2022 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52615

Actions (login required)

View Item View Item