Pengembangan Media Job Sheet Berbantuan Video Tutorial pada Pembelajaran Teknologi Sepeda Motor di Pendidikan Teknik Otomotif UNY.

Wadirin, Wadirin (2017) Pengembangan Media Job Sheet Berbantuan Video Tutorial pada Pembelajaran Teknologi Sepeda Motor di Pendidikan Teknik Otomotif UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wadirin-15702251028.swf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menghasilkan media job sheet berbantuan video tutorial pada pembelajaran teknologi sepeda motor, (2) mengetahui kualitas media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan bedasarkan teori Richey & Klien (2010). Tahapan penelitian ini terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan dan evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan Tessmer (1999) yang terdiri dari validasi ahli, one to one evaluation, small group, dan field test. Validasi ahli terdiri dari ahli media oleh 3 orang dan ahli materi 3 orang, one to one oleh 3 orang mahasiswa, small group oleh 12 mahasiswa dan field test oleh 40 mahasiswa dan uji coba pemakaian oleh 60 mahasiswa dan 2 dosen. Data hasil evaluasi dikumpulkan dengan angket, wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media job sheet berbantuan video tutorial sesuai dengan tuntutan kurikulum Pendidikan Teknik Otomotif UNY 2014. Kualitas media pembelajaran dikategorikan sangat baik dilihat dari tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penilaian ahli materi dan media secara konsisten mengkategorikan media job sheet berbantuan video tutorial pembelajaran teknologi sepeda motor dalam kategori sangat valid. Hasil penilaian dosen dan mahasiswa secara konsisten mengkategorikan dalam kategori sangat praktis. Nilai efektivitas performanse praktik kelas B sebesar 78.5 % dan kelas A sebesar 88.4 %. Penggunaan media job sheet berbantuan video tutorial pada pembelajaran teknologi sepeda motor di kelas A lebih tinggi dari pada kelas B yang tidak menggunakan media job sheet berbantuan video tutorial.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: job sheet, video tutorial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:02
Last Modified: 09 May 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52612

Actions (login required)

View Item View Item