PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN METODE CLARKE AND WRIGHT SAVING DAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK DISTRIBUSI DAGING AYAM DI PT CIOMAS ADISATWA

Kusumawardani, Andira Pratiwi and Sari, Eminugroho Ratna (2017) PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN METODE CLARKE AND WRIGHT SAVING DAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK DISTRIBUSI DAGING AYAM DI PT CIOMAS ADISATWA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
abstrak word.docx

Download (15kB)
[img] Text
Awalan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)

Abstract

Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) salah satu permasalahan pada Vehicle Routing Problem(VRP) yang merupakan penentuan rute yang optimal dengan memperhatikan kendala setiap kendaraan memiliki kapasitas tertentu. Masalah CVRP yang akan dibahas yaitu menentukan rute pendistribusian daging ayam di PT Ciomas Adisatwa agar mendapatkan rute pendistribusian terbaik yaitu rute yang terpendek. Tujuan penelitian ini untuk membuat model matematika permasalahan CVRP untuk pendistribusian daging ayam, menyelesaikan dengan metode Clarke and Wright Savings dan Algoritma Genetika yang selanjutnya akan dilakukan analisis perbandingan untuk melihat metode mana yang menghasilkan jarak terpendek dalam menentukan rute pendistribusian daging ayam. Metode Clarke and Wright Savingsdipublikasikansebagaisuatualgoritma yang digunakansebagaisolusiuntukpermasalahanrutekendaraandengan cara mengaitkan simpul-simpul yang ada dan menjadikannya sebuah rute bedasarkan nilai saving yang terbesar yaitu jarak tempuh antara simpul awal dan simpul tujuan. Sedangkan Algoritma Genetika merupakan algoritmaoptimisasi yang terinsipirasidariseleksialamdan gen. Proses dari algoritma genetika yaitu membangkitkan populasi awal, kemudian dihitung nilai fitness setiap individu. Selanjutnya individu pada populasi diseleksi menggunakan seleksi rangking dan dilakukan ordercrossover. Generasi baru hasil dari crossover akan dikenai proses swapping mutation. Kemudian akan dilihat di elitsm untuk menjaga agar individu bernilai fitness tertinggi tidak hilang selama evolusi. Dalam pendistribusian daging ayam di PT Ciomas Adisatwa pada hari Senin, disediakan 2 kendaraan angkut L300 dengan kapasitas angkut maksimal 900 kg dan kemudian dianalisis menggunakan Clarke and Wright Savings menghasilkan total jarak tempuh kendaraan 252.11 km dan dengan Algoritma Genetika diperoleh total jarak tempuh kendaraan 224.05 km. Sehingga dapat disimpulkan bahwa solusi yang dihasilkan oleh Algoritma Genetika lebih baik dibandingkan dengan Clarke and Wright Savings untuk pendistribusian daging ayam di PT Ciomas Adisatwa dalam menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CVRP, Clarke and Wright Savings, Algoritma Genetika, distribusi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52610

Actions (login required)

View Item View Item