SINTESIS SENYAWA 3-ETIL-2-PENTANON DARI ETIL ASETOASETAT DAN ETIL BROMIDA MENGGUNAKAN KATALIS ETOKSIDA MELALUI REAKSI ALKILASI DAN DEKARBOKSILASI

Putri, Devry Pramesti (2017) SINTESIS SENYAWA 3-ETIL-2-PENTANON DARI ETIL ASETOASETAT DAN ETIL BROMIDA MENGGUNAKAN KATALIS ETOKSIDA MELALUI REAKSI ALKILASI DAN DEKARBOKSILASI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI%20DEVRY%20PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mensintesis senyawa 3-etil-2-pentanon dari etil asetoasetat dan etil bromida menggunakan katalis etoksida melalui reaksi alkilasi dan dekarboksilasi; mengetahui rendemen senyawa hasil sintesis; dan mengidentifikasi senyawa hasil sintesis menggunakan FTIR dan GC-MS. Penelitian ini menggunakan etil asetoasetat dan etil bromida sebagai bahan dasar sintesis 3-etil-2-pentanon. Sintesis diawali dengan reaksi alkilasi antara etil asetoasetat dan etil bromida dengan perbandingan mol 1:1. menggunakan katalis etoksida pada suhu 78 oC selama 3 jam. Dilanjutkan reaksi hidrolisis dan dekarboksilasi pada suhu 103 oC selama 2 jam. Senyawa hasil sintesis diidentifikasi menggunakan FTIR dan GC-MS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sintesis senyawa 3-etil-2-pentanon dari etil asetoasetat dan etil bromida menggunakan katalis etoksida tidak berhasil, dan diduga menghasilkan senyawa yang lain yaitu 4-hidroksi-4-metil-2-pentanon.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 29 Aug 2017 08:00
Last Modified: 30 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52603

Actions (login required)

View Item View Item